BeritaHukum

3 Satgas Ini Jadi Jurus Kapolda Jawa Tengah Jamin Keamanan di Tahun Politik

Semarang – Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menyatakan bahwa menjaga keamanan di tahun politik merupakan tanggung jawa bersama. Meski begitu, Kapolda memiliki strategi khusus dalam menjamin keamanan di tengah suhu politik yang memanas.
“Memang TNI Polri memberikan jaminan kepada masyarakat kita terutama dalam tahun politik, tetapi rasa aman itu tidak ujug-ujug mak jegagig kersane Allah, tidak. Mereka menggunakan tahapan SOP, standar operasional prosedur, tetapi lebih efektif itu datangnya dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat,” katanya dalam acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih di Semarang, Senin (5/2/2024).

Luthfi berharap masyarakat bisa membiasakan diri untuk ikut menjaga keamanan lingkungan. Misalnya dengan memiliki kesadaran hukum dari diri sendiri.

“Kita harus dilatih tentu jaminan dari masyarakat dan oleh masyarakat. Contoh kita tahu tentang hukum, kita sadar hukum, kita tahu rambu-rambu sehingga aman itu dengan sendirinya,” ujar Luthfi dalam acara yang menyosialisasikan #PemiluDamai2024.

Meski begitu, Polda Jateng juga memiliki upaya tersendiri dalam memberikan rasa aman. Luthfi membeberkan tiga satgas yang merupakan cooling system.

Mereka ialah Satgas Manajemen Sosial, Satgas Media, dan Satgas Manajemen Kemitraan. Ketiganya bertugas mendinginkan situasi di masyarakat ketika situasi mulai memanas.

“Satgas Manajemen Sosial di mana kita menggandeng para tokoh-tokoh kita untuk menjadi keynote speaker, untuk mendinginkan masyarakat kita. Jadi kan pemilu itu head to head, apabila terjadi dikotomi di mana-mana sehingga perlu didinginkan, cooling itu dengan tokoh-tokoh yang ada di masyarakat kita,” jelasnya.

Kemudian Satgas Media bertugas memonitoring media sosial dan media pemberitaan. Mereka akan memetakan potensi-potensi konflik di masyarakat untuk kemudian diredam.

“Terakhir kita punya Satgas Manajemen Kemitraan di mana seluruh lapisan masyarakat kita libatkan, agar punya sense of belonging of crisis, di antaranya ada warung kopi, off road bareng-bareng,” ujarnya.

“Jadi siapapun pimpinan kita adalah yang terbaik untuk menyongsong Indonesia Emas,” pungkasnya.

#DemiIndonesia Cerdas Memilih di Semarang digelar detikcom dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Padma Hotel Semarang.

Acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, BAKTI Kominfo, dan Telkomsel. Jangan lupa saksikan ya, Lur!

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts