Berita

Akibat Hujan Deras, Lima Rumah di Delanggu Klaten Terendam

Klaten – Hujan deras turun di Klaten, tepatnya di wilayah Kecamatan Delanggu dan sekitarnya. Hujan menyebabkan lima rumah di Desa Banaran, Kecamatan Delanggu terendam luapan Sungai Jabang Bayi.
“Yang terendam ada lima rumah di Dusun Klitak, Desa Banaran, Kecamatan Delanggu. Ketinggian air ada yang setengah meter sampai satu meter,” terang Personel TRC BPBD Kabupaten Klaten, Wahyu Eko Hariyanto kepada detikJateng, Minggu (4/2/2024) malam.

Wahyu menyatakan hujan deras turun di Kecamatan Delanggu dan sekitarnya mulai sekitar pukul 13.00 WIB. Laporan genangan air mulai masuk pukul 16.30 WIB.

“Pukul 16.30 WIB ada laporan masuk luapan air di Desa Krecek. 20 menit kemudian ada laporan luapan air masuk lagi di Dusun Klitak, Desa Banaran dan kita cek ada lima rumah terdampak,” terang Wahyu.

Menurut Wahyu, di Dusun Klitak tidak ada korban jiwa atau pengungsian. Setelah itu ada satu lagi laporan masuk di SDN Bowan, Kecamatan Delanggu.

“Di wilayah Delanggu jadi tiga wilayah, yaitu Desa Krecek luapan air ke jalan, Desa Banaran ada lima rumah tergenang dan satu lagi SDN Bowan,” imbuh Wahyu.

Di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo air juga meluap ke jalan di dua RT. Koordinator Relawan Karangdowo (Rekad), Husni Thamrin menyatakan air sungai Kaligawe masuk, tetapi kondisi masih aman dan terkendali.

“Air masuk tapi masih di jalan dan masih aman terkendali. Biasanya setelah hujan reda akan segera surut,” kata Husni kepada detikJateng.

Camat Delanggu, Joko Suparjo menyatakan rumah dekat sungai besar. Kebetulan di depan rumahnya saluran irigasi ada yang menuju ke sungai Jabang Bayi.

“Kalau air di Jabang Bayi deras berarti aliran dari saluran irigasi ndak bisa masuk. Akibatnya genangan semakin banyak masuk ke rumah yang letaknya memang di bawah,” terang Joko saat diminta konfirmasi detikJateng.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts