Berita

Banjir Jebol Tanggul Sungai Wulan Demak, Pantura Menuju ke Semarang Lumpuh

Demak – Jebolnya tanggul Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Demak, Jawa Tengah, terus meluas dan berdampak pada lumpuhnya jalur pantura menuju Semarang dan sebaliknya. Genangan banjir mencapai sepinggang orang dewasa, mengakibatkan Polres Demak dan Polres Kudus terpaksa mengalihkan jalur, menyebabkan kemacetan panjang di sisi Demak dan Kudus.

Jebolnya tanggul Sungai Wulan, yang menjadi pembatas antara Demak dan Kudus, menyebabkan jalur pantura di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, terendam banjir dengan kedalaman mencapai 70-80 cm di jalan raya, pada Kamis (8/2/2024).

Ketinggian air terus bertambah, sehingga sekitar pukul 13.00 WIB hanya kendaraan besar yang berani melintasi genangan banjir dengan jarak lebih dari 1 kilometer tersebut. Akibatnya, jalur pantura menjadi lumpuh, dan pengguna jalan diarahkan oleh Polres Demak dan Polres Kudus untuk melewati arah Jepara.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Demak, Reza menjelaskan banjir yang melanda jalur pantura terjadi karena tiga titik tanggul Sungai Wulan jebol. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan memilih jalur yang lebih aman, karena genangan banjir terus bertambah.

“Air terus masuk dan jalan menjadi lumpuh. Ini Karanganyar arah Demak pantura. Kami sarankan pengendara sepeda motor untuk berbalik arah, kedalaman air mencapai 70-80 cm dan debit air terus meningkat karena aliran air dari hulu masih tinggi,” ujar Reza di lokasi.

Seorang pemotor bernama Udin menyatakan kesulitan menuju Semarang karena banjir, sehingga terpaksa harus mencari jalan alternatif yang lebih aman. Dia tidak mengetahui jalur pantura tergenang cukup dalam.

“Ini tidak bisa dilalui karena takut mogok. Saya tidak tahu jika jalur ini tergenang banjir dalam. Saya akan mencoba lewat Kedungwaru, jika memungkinkan, jika tidak, saya harus pulang,” ungkapnya.

BPBD Kabupaten Demak saat ini fokus melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir di dalam rumah, mengingat derasnya aliran air dari Sungai Wulan yang terus menghantam permukiman warga di sejumlah desa di Kecamatan Karanganyar, Demak.

sumber : beritasatu.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts