Berita

Hari Tenang, Bawaslu Batang Gandeng Relawan Patroli Siber Pantau Aktivitas Medsos

BATANG – Memasuki hari tenang, Bawaslu BATANG gandeng Relawan Patroli Siber Pantau Aktivitas Medsos. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap potensi munculnya kampanye selama masa tenang, 11-13 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur, mengakui bahwa meskipun Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho telah dibersihkan dari ruang publik, namun kemungkinan masih ada kampanye yang dilakukan melalui media sosial.

“Oleh karena itu, tim patroli siber saat ini fokus untuk memantau pergerakan di media sosial. Kami tidak ingin ada kampanye di medsos selama masa tenang, hingga menjelang hari pencoblosan,” ujarnya ketika sedang memantau media sosial di Kantor Bawaslu Batang pada Senin, 12 Januari 2024.

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan gigi mereka: ini akan membantu dengan cepat dan murah…
Ia berharap, peserta pemilu yang telah mendaftarkan akun media sosialnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan tidak melakukan kampanye melalui media sosial selama masa tenang.

“Berdasarkan pemantauan kami, belum ada akun media sosial partai politik yang melakukan kampanye selama hari tenang, namun kami akan tetap memantau hingga menjelang pencoblosan,” jelasnya.

Ada potensi kerawanan, terutama dalam politisasi yang mengandung unsur SARA, serta penyebaran berita bohong. Hal ini dapat merusak proses demokrasi.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing oleh informasi yang belum tentu kebenarannya di media sosial, terutama menjelang pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Batang, Khikmatun, menjelaskan bahwa KPU telah mengimbau agar seluruh akun media sosial partai politik ditutup selama masa tenang.

“Sebanyak 34 akun media sosial partai politik telah terdaftar di KPU,” ungkapnya.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama

Related Posts