BeritaHukum

Kapolres Polres Kobar Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu

Pangkalan Bun – Polres Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan apel gelar pergeseran pasukan pengamanan TPS pada pemilu tahun 2024, dalam rangka Operasi Mantap Brata Telabang tahun 2023-2024, Senin, 12 Februari 2024.

Apel dipimpin langsung Kapolres Kobar, AKBP Yusfandi Usman, didampingi Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji selaku Pamwatwil dan dihadiri oleh Pj Bupati Kab. Kobar Budi Santosa, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Arm Yoga Permana, perwakilan Bawaslu, KPU dan penyelenggara pemilu lainnya.

“Apel pergeseran pasukan pengamanan TPS untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri, sebelum mereka diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian, pengamanan bisa berjalan dengan optimal dan maksimal untuk menyukseskan pemilu,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel agar dapat menjunjung tinggi netralitas dan mengutamakan sikap humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya minta ke seluruh personel untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi. Optimalkan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum guna meminimalisir kelompok yang berusaha menciptakan gangguan kamtibmas pada pemilu tahun 2024,” tegasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kabidhumas Polda Kalteng, meminta kepada semua polsek jajaran di Kobar, agar proaktif untuk memperkokoh sinergi dengan pihak penyelenggara, pengawas pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, untuk mendukung serta menyukseskan pemilu tahun 2024.

“Seluruh personel juga harus tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu, dalam memberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian lainnya selama pemilu berlangsung,” jelasnya.

Ia menekankan kepada personel, agar menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja, melakukan deteksi dini dengan optimalkan fungsi intelejen dan didukung bhabinkamtibmas, laksanakan pengamanan dan pengawalan terhadap pendistribusian logistik pemilu secara komprehensif dari kantor KPU menuju ke PPK.

“Seluruh personel juga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman maupun gangguan kamtibmas yang memanfaatkan momen pemilu,” pukasnya.

Usai apel, Kapolres Kobar dan Kabidhumas mengikuti pelepasan pendistribusian logistik pemilu 2024 ke masing-masing PPK Kecamatan.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts