Berita

KPU Humbahas Gelar Sosialisasi dan Simulasi Pemungutan Suara ke Masyarakat

HUMBAHAS – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar sosialisasi dan simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara serta penggunaaan sistem informasi rekapitulasi suara (Sirekap) dalam Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Pelaksanaan simulasi yang dilaksanakan di Kecamatan Doloksanggul yakni di TPS 21 Kelurahan Dolok Sanggul melibatkan para Ketua dan anggota PPK dari 10 Kecamatan, Kabupaten Humbang Hasudutan,” kata Ketua KPU Humbahas, Meena Cibro di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Selasa (30/1/2024).

Kata Meena Cibro, PPS dari 153 Desa dan satu Kelurahan, Ketua dan Anggota KPPS dan PTPS pada TPS 21 Kelurahan Doloksanggul yang akan dilaksanakan di setiap 21 Kelurahan dan persiapan KPU dalam Kotak Suara yang berwarna Kuning, Merah, dan Biru yang akan dicoblos pada tanggal 14 Febuari 2024 akan datang.

“Adapun tujuan dilaksanakannya simulasi adalah sebagai bentuk pemahaman kepada masyarakat tentang cara dan proses pemungutan suara,” ucapnya.

Meena juga berharap pada Pemilu yang akan datang masyarakat tidak Golput dan melaksanakan Pemilu dengan azas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (Luber Jurdil) untuk kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

“Selain upaya edukasi kepada para pemilih juga mengantisipasi segala permasalahan yang mungkin saja terjadi saat pelaksanaan di lapangan,” terang Meena.

“Dengan kerjasama dan partisipasi kita semua, saya yakin kita dapat menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden secara serentak ini,” sambung Ketua KPU Humbahas.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Ferry Sitorus menuturkan dengan dilaksanakannya simulasi, kiranya masyarakat nantinya dapat memahami cara dan proses pemungutan suara, sehingga pada pelaksanaan Pemilu nantinya dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan dapat memberi hak suaranya pada Pemilu 14 Januari 2024, serta sama-sama menjaga kondisi yang haik, sehingga apapun hasil dari penyelenggaraan Pemilu nantinya tidak terjadi intervensi maupun itimidasi, demi mensukseskan Pemilu, khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan,” harapnya.

Kabag Ops Polres Humbahas Kompol Firman menambahkan untuk jumlah personel kepolisian di 10 Kecamatan berkisar 206 orang mulai dari Satuan Brimob Pematang Siantar dan dari Polres Humbang Hasundutan. Sedangkan untuk 21 TPS, jumlah personel sebanyak 138 orang.

“Sebelumnya, Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Harry Ardianto sudah meninjau kotak suara yang datang dari Jakarta sebanyak 3.420 di tempat gudang Logistik KPU Humbang Hasundutan, Sumatera Utara,” kata Firman.

Menurut Firman, kegiatan ini dilakukan demi kelancaran Pemilu 2024. Dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kericuhan di Kabupaten Humbang Hasundutan ini.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong

Related Posts