Berita

Kunjungi Pantura Barat, Polda Jateng Waspadai Eskalasi Jelang Coblosan Pemilu

SEMARANG – Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jateng Kombes Basya Radyananda melakukan kunjungan ke daerah pantura barat meliputi Polres Tegal Kota, Polres Pemalang, Polres Pekalongan, dan sekitarnya.

Selama mengunjungi polres-polres di wilayah tersebut, Karo Ops meminta personel untuk mewaspadai eskalasi politik jelang tahapan inti Pemilu 2024.

“Secara umum sudah siap untuk mengamankan pemilu, hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadinya eskalasi,” katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2/2024).

Kepada personel, Kombes Basya melakukan supervisi kesiapan Power On Hand terutama bagi satuan Samapta (Siap siaga).

Dijelaskan dia, fungsi Samapta adalah melaksanakan tugas-tugas preventif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Tugasnya meliputi pengawalan dan pengamanan logistik pemilu, sterilisasi kegiatan, penjagaan dan patroli untuk mencegah berbagai gangguan Kamtibmas.

Fungsi Samapta sangat penting karena menjadi ujung tombak fungsi preventif atau pencegahan yang merupakan representasi kehadiran personel di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan.

“Kehadiran Polri di tengah masyarakat akan berdampak pada tumbuhnya rasa aman dan nyaman, berdasar fakta di lapangan, ada korelasi antara peningkatan kehadiran polisi di masyarakat, baik dalam bentuk patroli ataupun giat lainnya dengan menurunnya gangguan kamtibmas,” bebernya.

Beberapa pejabat utama Polda Jateng juga turut mendampingi Karoops antara lain Dir Samapta Polda Jateng Kombes Risto Samodra, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Satake Bayu Setianto, Kabagbinops Roops Polda Jateng AKBP Agus Puryadi, dan lainnya.

Basya mengatakan, pengamanan tahapan pemilu 2024 akan didukung pula dari tiga matra TNI yang dilakukan mulai tanggal 13-17 Februari 2024.

Total personel TNI yang diperbantukan sebanyak 3.732 personel.

Baca juga: Kapolres dan Dandim Jepara Pastikan Pengiriman Logistik Pemilu 2024 Berjalan Lancar

“Kemudian dalam kegiatan pengawasan dan pengendalian, perwira TNI yang dilibatkan sebanyak 140 personel,” tuturnya.

Sementara itu Asisten Operasi (Asops) Kodam IV Diponegoro Kolonel Ketut Mertha Gunarda menjelaskan, TNI-Polri memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dalam menghadapi Pemilu 2024 yaitu mengawal dan mengamankan Pemilu agar dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

“Kami secara all out TNI siap membantu tugas-tugas Kepolisian,” tandasnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts