Berita

Longsor Terjang Kabupaten Pekalongan, Beberapa Rumah Tertimpa Material

KAJEN – Akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, bencana tanah longsor terjadi di Jalan Raya Paninggaran-Banjarnegara.

Tanah longsor ini ada empat titik, dan tempatnya berada di Kecamatan Paninggaran dan membuat arus lalu lintas terjadi kemacetan.

“Betul ada longsor di wilayah Kecamatan Paninggaran. Longsor ada 4 titik lokasi,” kata pengurus PMI Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko saat dihubungi, Minggu (4/2/2024).

Longsor Paninggaran Pekalongan
Warga Dukuh Plumbon RT 2 RW 3, Desa Winduaji, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga.

Menurutnya lokasi titik longsor ada beberapa di antaranya, di Dukuh Sikawat, Desa Domiyang, lalu ada di sebelah Utara Kecamatan Paninggaran. Lalu, ada juga di Desa Paninggaran.

Selain tebing yang longsor menutup jalan raya, ada juga tanah longsor yang menimpa rumah warga.

“Tanah longsor menimpa rumah warga di RT 2, Dukuh Pedenda, Desa Domiyang.”

“Kemudian di Desa Winduaji, Dukuh Plumbon RT 2 RW 3 juga longsor menimpa rumah, Desa Krandegan Paninggaran juga ada longsor menimpa rumah warga.”

“Tidak hanya itu, ada bus juga yang tertimpa longsoran sehingga terhimpit tanah,” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, saat ini relawan PMI, BPBD, SAR Bumi Santri, sedang di lokasi tanah longsor.

“Di lokasi sudah ada beberapa relawan, dibantu dengan TNI, Polri dan masyarakat setempat untuk membersihkan longsoran menggunakan alat seadanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kalak BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo saat dihubungi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Kami informasikan alat berat dari DPU provinsi, yang berada di Desa Bebel, Kecamatan Wiradesa sudah perjalanan ke lokasi longsor,” katanya.

Nurul warga Paninggaran menambahkan, memang hujan disertai angin, dan petir terjadi di wilayah Paninggaran sejak siang hingga sore ini.

“Dari siang sekitar pukul 13.00 WIB. Sekarang saja masih hujan deras dan petir,” tambahnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts