Berita

Masa Tenang Pemilu, KPU Batang Ajak Masyarakat Turut Serta Bersihkan APK

 BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, menjelang masa tenang Pemilu 2024, bersiap membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK). Pembersihan akan dilaksanakan mulai 11 Februari 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Batang, Khikmatun menegaskan pentingnya membersihkan APK saat masa tenang Pemilu.

Hal itu diungkapkan Khikmatun, setelah Rakor Persiapan Pelaksanaan Pembersihan APK, di Hotel Sendang Sari Batang, Kabupaten Batang, Rabu (7/2/2024).

“Karena ini bukan lagi persoalan ketertiban umum, hal yang berbayar atau tidak berbayar. Seharusnya seluruh APK itu termasuk di dalamnya reklame, umbul-umbul maupun spanduk, maka kita harus bersihkan,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Rapat Koordinasi Persiapan Pembersihan APK Pemilu 2024 serta Persiapan Pembuatan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye, diadakan dengan mengundang pihak terkait seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, dan perwakilan peserta pemilu.

Khikmatun juga menekankan bahwa, Partai politik (Parpol) atau peserta pemilu memiliki kewajiban untuk membersihkan APK pada H-1 masa tenang.

Ia juga menyampaikan bahwa, tidak akan ada sanksi namun Parpol tidak boleh menuntut jika APK-nya diturunkan.

“KPU juga akan bekerja sama dengan Bawaslu serta Pemerintah Daerah Setempat dalam pembersihan APK. Selain itu, masyarakat juga dipersilakan untuk turut serta dalam membersihkan APK saat masa tenang,” tegasnya.

Terkait kampanye di media sosial, Khikmatun menegaskan bahwa kampanye harus sudah selesai pada 10 Februari 2024.

“Tidak ada lagi kampanye yang diperbolehkan setelah tanggal tersebut. Dia juga menekankan bahwa kampanye di media sosial harus dihapus atau akunnya ditutup,” ungkapnya.

Dengan persiapan ini, KPU Kabupaten Batang berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan tertib dan adil.

“Kami harapakan kerjasama yang baik antara pihak terkait dan masyarakat dalam pelaksanaan demokrasi ini,” tandasnya.

Pemantauan

Sementara itu sepekan menjelang pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengintensifkan pemantauan ke seluruh gudang logistik, untuk memastikan kesiapan pendistribusian ke TPS hingga pelosok desa.

Dalam kunjungannya ke gudang logistik KPU Batang, Kadiv SDM dan Litbang, KPU Jateng, Mei Nurlela, mengecek langsung kondisi gudang dan seluruh kesiapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke TPS.

“Kami memastikan KPU Batang sudah siap melaksanakan Pemilu,” katanya, saat ditemui, di Gudang Logistik KPU Batang, Kabupaten Batang, baru-baru ini.

Kesiapan logistik juga tidak luput dari pantauan, mulai dari jumlah surat suara yang tidak kurang, kotak suara hingga sarana prasarana penunjang lainnya.

Menyikapi cuaca saat ini yang rawan hujan lebat, banjir, dan tanah longsor, KPU Jateng menekankan agar seluruh personel KPU Batang memitigasi kerawanan yang mungkin terjadi.

“Perencanaan pertama di saat cuaca baik disiapkan, tapi juga harus menyiapkan segala sesuatunya ketika cuaca ekstrem melanda,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Batang Khikmatun menyampaikan, segala kemungkinan bisa saja terjadi, maka seluruh personel KPU Batang mengantisipasinya dengan memitigasi kebencanaan yang rawan terjadi.

“Bisa saja terjadi banjir, atau hujan lebat. Maka surat suara dan logistik lain diupayakan tetap aman dari kerawanan yang mungkin terjadi seperti terkena hujan atau banjir,” terangnya.

Untuk memastikan keamanan logistik Pemilu sampai ke TPS, dalam waktu dekat KPU Batang akan melakukan simulasi.

“Simulasi yang kami lakukan bersama personel Polres setempat, agar ada kesiapan dalam memitigasi kerawanan yang bisa saja terjadi,” ujar dia.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama

Related Posts