Berita

Material Longsor Dibersihkan, Jalur Pekalongan-Banjarnegara Mulai Bisa Dilalui

Pekalongan – Petugas tim gabungan akhirnya bisa membersihkan material longsor yang menutup jalur jalan Pekalongan-Banjarnegara dengan menurunkan alat berat dari DPU Provinsi Jawa Tengah. Pembersihan dilakukan usai jalur tersebut dilanda longsor
Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan, Budi Rahardja saat dihubungi detikJateng, Minggu (4/2/2024), menjelaskan material longsor telah dibersihkan dengan alat berat DPU Provinsi Jateng.

“Alhamdulillah, Jalan Raya Paninggaran sudah bisa dilewati kembali, setelah pembersihan material longsor,” jelas Budi Rahardja.

Ia menambahkan untuk bus yang terjebak pun dalam kondisi aman. Penumpang maupun sopir dilaporkan selamat.

Terpisah, Kepala Desa Paninggaran, Rusdiono, mengungkapkan bus yang terimpit material longsor sebelumnya telah mengetahui akan adanya longsor saat melintas jalan tersebut. Pengemudi bus kemudian menghindari material longsor hingga ke tepi jalan.

“Jadi tahu akan longsor, bus mengindari ke pinggir. Material hanya menimpa ban (roda). Penumpang dan sopir keluar. Saat ini, bus sudah aman. Alhamdulillah tidak ada kerugian dari bis maupun penumpang,” kata Rusdiono.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Joko Supriyanto kepada detikJateng saat dihubungi melalui teleponnya, Minggu malam membenarkan arus kendaraan telah bisa dilalui meskipun dengan sistem bergantian. Kondisi lokasi pun masih hujan lebat, petugas gabungan masih bekerja maksimal membersihkan sisa material longsor.

“Saat ini, arus kendaraan sudah bisa melintas, setelah material longsor dibersihkan dengan alat berat, meskipun masih bergantian, masih satu arah. Petugas juga masih membersihkan material longsor lainnya,” ungkap Joko Supriyanto.

Sedangkan saat ditanya bus yang terjebak longsor, Joko menambahkan, bus dengan trayek Pekalongan-Kalibening (Banjarnegara) tersebut semua penumpang dan awak bus selamat. Bahkan, badan bus juga aman. Material longsor hanya mengenai roda bus.

“Bus aman semuanya termasuk penumpang. Sudah melintas tadi,” ucapnya.

Ia mengimbau pada pengguna jalan untuk senantiasa berhati-hati di jalan, dengan intensitas hujan yang masih tinggi. Lebih-lebih lokasi rawan longsor.

Sebelumnya diberitakan, akibat diguyur hujan selama berjam-jam, tebing setinggi sekitar 15 meter yang berada di Dukuh Sikawit, Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan longsor. Material longsor menutup jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts