BeritaHukum

Pimpin Apel Kesiapan Personel Pam TPS Pemilu 2024, Ini Pesan Kapolres Banjarnegara

BANJARNEGARA – Pukul 07.30 WIB bertempat di alun-alun Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, yang didampingi Wakapolres Kompol Purbo Adjar Waskito, memimpin langsung jalannya Apel Kesiapan Personel Pam TPS Pemilu 2024, yang diikuti oleh ratusan anggota personel dari semua jabatan.

Dalam sambutannya, Kapolres Erick Santoso menegaskan dalam pengamanan pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, anggota yang mengamankan TPS harus selalu mematuhi prosedur yang sudah ditentukan dan tidak boleh bertindak dengan sendirinya.

“Apabila dalam pengamanan nantinya, jika terjadi hal-hal yang menuju ke pelanggaran pemilu, anggota wajib gandeng Panwas setempat. Tidak boleh bertindak sendiri, karena kita hanya melakukan pengamanan, meskipun kita adalah penegak hukum,” jelas Kapolres. Selasa (6/2/2024).

Tidak hanya itu, Kapolres juga menyampaikan pesan dari Kapolda Jawa Tengah, dimana menekankan agar dalam pengamanan TPS. Nantinya, anggota selalu siaga hingga berita acara diserahkan ke PPK.

“Sesuai perintah Kapolda kemarin, semua anggota saat pengamanan surat suara dan kotak suara ikuti aturan, Pak Kapolda juga menekankan kalau perlu surat suara dan kotak suara di keloni, sampai berita acara ditanda tangani dan diserahkan ke PPK masing-masing, itu kemarin yang ditekankan, jadi saya ingin semua ikuti aturan pemilu, jangan sampai ada timbul permalasahan,” tegas Kapolres Erick Santoso didepan para anggota apel.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres juga sempat menegur salah satu anggotanya yang kurang disiplin dalam berpakaian

“Dalam berpakaian, kita sudah ada aturannya di Polri, entah itu intel, reserse, anggota, semua harus sesuai, kita harus disiplin,” tambah Kapolres.

Pengamanan pemilu 2024, Polres Banjarnegara akan menerjunkan 523 personil antara lain, 113 satgas Operasi Mantap Brata Candi 2023- 2024 serta 410 petugas pengamanan yang akan disebar di 3.225 TPS di wilayah Banjarnegara dengan pola pengaman TPS 2 Polri 16 TPS dan 32 Linmas.

Usai kegiatan, kepada awak media Kapolres mengungkapkan, semua anggota yang bertugas di KPS akan dibekali beberapa peralatan.

“Kita juga serahkan perlengkapan perorangan lapangan (Kaporlap) seperti tas ransel, buku saku dan ban lengan, untuk pengamanan kita dibagi dua, di ring 2 atau di seputaran TPS, dan ring 1 penyelenggara pemilu,” pungkas Kapolres.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama

Related Posts