BeritaHukumPeristiwa

Polres Sukoharjo Harap Masyarakat Cek Keamanan Kendaraan

SUKOHARJO – Polres Sukoharjo meminta kepada masyarakat termasuk pengelola bus, biro wisata dan rental mobil untuk melakukan pengecekan keamanan kendaraan. Sebab aktivitas masyarakat berwisata mengalami peningkatan signifikan bersamaan dengan libur panjang akhir pekan ini.

Wakapolres Sukoharjo Kompol Pariastutik, Jumat (9/2) mengatakan, aktivitas masyarakat mengalami peningkatan bersamaan dengan libur panjang akhir pekan. Aktivitas masyarakat tersebut seperti terlihat di pusat keramaian seperti mal, perbelanjaan modern, kuliner dan wisata.

Peningkatan aktivitas masyarakat diikuti dengan meningkatnya penggunaan sarana transportasi kendaraan bermotor seperti mobil pribadi, travel, dan bus. Tujuan transportasi tersebut tidak hanya berkeliling wilayah di Kabupaten Sukoharjo saja, namun juga Solo Raya dan daerah lain dengan berbagai tujuan tempat wisata.

Libur panjang dengan ditandai adanya peningkatan aktivitas masyarakat berwisata juga rawan dengan meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas. Seperti terjadi dimana kecelakaan bus membawa rombongan wisata terjadi di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Dalam kejadian tersebut dua warga Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban menjadi korban meninggal dunia.

“Terkait kasus penyebab kecelakaan bus di Bantul yang mengakibatkan dua warga Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo meninggal masih dalam penyelidikan. Namun Polres Sukoharjo atas kejadian tersebut meminta kepada masyarakat, pengelola bus, rental mobil dan biro wisata untuk melakukan pengecekan kelengkapan surat berkendara dan memastikan keamanan kendaraan. Aktivitas masyarakat sekarang disaat libur panjang akhir pekan sangat tinggi termasuk berwisata,” ujarnya.

Polres Sukoharjo menekankan kewajiban pengecekan keamanan berkendara pada kendaraan bermotor kepada semua pihak. Termasuk pemilik mobil pribadi agar memastikan sarana transportasi yang akan digunakan beraktivitas termasuk berwisata aman digunakan.

“Jadi kendaraan bermotor tersebut baik mobil pribadi, mobil rental, travel dan bus yang akan digunakan sebagai sarana transportasi bepergian masyarakat termasuk untuk wisata aman bagi diri sendiri dan orang lain,” lanjutnya.

Kompol Pariastutik, juga meminta kepada pengemudi untuk tetap menjaga kondisi kesehatan badan. “Apabila sakit, lelah dan mengantuk jangan memaksakan diri mengemudi mobil atau bus karena membahayakan diri sendiri dan penumpang, termasuk orang lain di jalan raya. Istirahat saja dan lanjutkan perjalanan apabila sudah pulih dan sehat,” lanjutnya.

Polres Sukoharjo sudah menerjunkan petugas melakukan pengaturan lalu lintas disejumlah titik rawan kemacetan pada libur panjang akhir pekan ini. Polisi juga melakukan pemantauan terhadap peningkatan aktivitas masyarakat sebagai bentuk jaminan keamanan.

sumber : krjogja.com

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo Sigit, AKBP Sigit, Kabupaten Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng

Related Posts