Berita

Presiden Jokowi Serahkan PIP ke 1.000 Pelajar di Sukoharjo

Sukoharjo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada seribu pelajar di Kabupaten Sukoharjo. Penerima mulai dari pelajar SD hingga SMA.
Secara simbolis, Jokowi menyerahkan PIP di GOR Bung Karno, Sukoharjo. Dalam penyerahan itu, Jokowi didampingi ibu negara Iriana Jokowi, Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

“PIP ini sudah 10 tahun, dan jumlah yang diberikan seluruh tanah air sudah 18.600.000 kurang lebih baik SD, SMP, SMA/SMK,” kata Jokowi saat memberikan sambutan, di GOR Bung Karno Sukoharjo, Kamis (1/2/2024).

Jokowi mengatakan PIP untuk pelajar SD diberikan Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, dan SMA/K tahun ini naik menjadi Rp 1,8 juta. Uang tersebut digunakan para pelajar untuk membeli perlengkapan sekolah seperti buku, seragam, hingga sepatu.

Dia meminta uang PIP itu tidak digunakan untuk membeli pulsa. Harus dibelikan yang terkait dengan kebutuhan sekolah.

“Kalau untuk Kabupaten Sukoharjo ya cukup Rp 1,8 juta. Ada yang tidak cukup? Cukup ya,” ucapnya.

Meski PIP menyasar pelajar SD-SMA, Jokowi mengatakan untuk jenjang perguruan tinggi, pemerintah menyiapkan KIP Kuliah. Nominal KIP Kuliah menyesuaikan program studi yang diambil, namun nominalnya maksimal Rp 8 juta.

Sejauh ini, mahasiswa yang terdaftar KIP kuliah sebanyak 900 ribu lebih di seluruh tanah air.

“Kalau anak-anak semangat belajar tinggi, nilainya bagus. Untuk kuliah pemerintah telah menyiapkan KIP kuliah yang kurang lebih angkanya bantuannya Rp 8 juta,” jelasnya.

Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti menambahkan, program KIP di Sukoharjo yang hadir dalam acara itu berjumlah 1000 pelajar.

“Terdiri dari 400 pelajar SD, 300 SMP, 150 Pelajar SMA, dan 150 pelajar SMK yang sudah ditetapkan sebagai penerima PIP tahun 2024,” kata Suharti.

Dalam 10 tahun perjalanan PIP, sejumlah pungutan dilakukan, agar terus bisa dimanfaatkan masyarakat. Hingga mampu meningkatkan partisipasi pendidikan dari anak keluarga tidak mampu.

Untuk tahun 2024 ini, dia mengatakan penerima PIP ditingkatkan dari 18,1 juta menjadi 18,7 penerima. Adapun kenaikan penerimaan PIP di jenjang SMA/k, dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,8 juta.

Dalam kesempatan itu, dua siswa beruntung mendapatkan sepeda dari Jokowi. Mereka adalah Rajid dan Zahra.

Menurut salah satu pelajar SMA, Rajid, dia menerima PIP sejak masih duduk dibangku kelas 4 SD, hingga kelas 11 SMA ini.

“Orang tua saya bekerja sebagai buruh harian lepas. Saya sangat terbantu dengan PIP ini. Untuk beli keperluan sekolah seperti buku, sepatu, dan seragam,” jelas Rajid.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong

Related Posts