Berita

Puluhan Ribu Personel DiTerjunkan Polda Jateng dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024

SEMARANG – Senin (12/2/2024), Polda Jateng menjalankan Apel Serpas (Pergeseran Pasukan) sebagai langkah untuk memastikan pengamanan tahap pemungutan suara pada Pemilu 2024. Apel tersebut digelar di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting termasuk Kapolda Jateng Irjen.Pol. Drs. Ahmad Luthfi, PJ Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana A.S., M.M, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur Jateng menekankan kerjasama antara Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Pemprov Jawa Tengah, KPU, dan Bawaslu untuk menyukseskan Pemilu 2024, khususnya pada tahap pemungutan suara. Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa 1.700 personel akan bertugas di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, termasuk 117.299 TPS. Personel tersebut terdiri dari 15.647 anggota Polri, 3.732 anggota TNI, dan 237.882 anggota Satlinmas yang akan mendukung pengamanan.

Terkait dengan situasi kerawanan, PJ Gubernur Jateng menegaskan pentingnya netralitas dan kehati-hatian dalam menjalankan tugas pengamanan. Dia memperingatkan bahwa sebagian besar provinsi Jawa Tengah memiliki wilayah dengan tingkat kerawanan sedang hingga tinggi, termasuk Kota Semarang, Sukoharjo, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Magelang, dan Kendal. Pengamanan khusus akan diberlakukan di wilayah-wilayah tersebut.

Selain itu, PJ Gubernur Jateng juga menyoroti antisipasi terhadap kemungkinan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Dalam konteks ini, dia menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan skenario khusus untuk menjaga dan mengamankan distribusi logistik Pemilu.

Dalam tanggapannya terkait pengamanan di lokasi yang terdampak banjir, Kapolda Jateng menjelaskan bahwa koordinasi telah dilakukan dengan KPU. Dia juga menegaskan langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi dampak banjir terhadap proses pemungutan suara.

Sebelumnya, Polda Jateng telah mengalokasikan sekitar 22 ribu anggota TNI-Polri untuk pengamanan pemungutan suara di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dengan pembagian 117.299 TPS sesuai tingkat kerawanan, upaya pengamanan intensif diharapkan mampu memastikan jalannya Pemilu 2024 dengan aman dan lancar.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono

Related Posts