BeritaRegional

Wakapolres Pimpin Apel Bhabinkamtibmas Jelang Pemilu 2024, Ini Penekanannya..!!!

REMBANG – Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. melalui Wakapolres Kompol Joko Lelono, S.Sos.,M.H. menekankan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Rembang Polda Jateng, harus bersikap humanis dan lebih proaktif menjaga tahapan Pemilu 2024.

“ Seluruh Bhabinkamtibmas harus dan wajib hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan, bersikap humanis dan komunikatif serta selalu siap siaga menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pemilu 2024,” ujar Kompol Joko.

Penekanan tersebut, disampaikan langsung Wakapolres Rembang pada kegiatan apel Bhabinkamtibmas dalam rangka mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif dalam menghadapi masa tenang, pungut dan hitung suara Pemilu tahun 2024, yang diikuti Kabag Ops Kompol Bambang Sugito, S.Sos.,M.H. seluruh personel Bhabinkamtibmas yang bertempat di halaman Mapolres Rembang, Jum’at (09/02/2024).

Joko menyampaikan, bahwa Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak pimpinan Polri di wilayah, yang terjun langsung di dalam masyarakat, berinteraksi langsung dengan masyarakat serta mengemban fungsi pembinaan masyarakat.

“ Tujuan utamanya adalah menciptakan situasi kondusif dimasyarakat. Oleh sebab itu, apel Bhabinkamtibmas ini memiliki fungsi untuk memberikan tambahan ilmu kepada para Bhabinkamtibmas berupa peningkatan mental kepribadian sebagai Bhabinkamtibmas, sikap, prilaku, ketrampilan, kemahiran untuk terjun dan berinteraksi langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Joko juga menuturkan, Bhabinkamtibmas merupakan penghubung antara Polri dan masyarakat untuk bersama-sama dan bersinergi dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tentram dan nyaman, jadi peran serta Bhabinkamtibmas sangatlah penting dalam menunjang profil polri yang humanis profesional proporsional dan yang paling penting adalah polri yang di cintai oleh masyarakat.

“ Dalam apel ini ada beberapa penekanan kepada para Bhabinkamtibmas agar lakukan pendekatan dengan sambang kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda agar ikut berpartisipasi menjaga kamtibmas, lakukan pemetaan wilayah dengan membuat peta kerawanan kamtibmas antara lain memetakan kawasan padat penduduk, slum area atau kawasan kumuh dan kawasan yang pernah terjadi konflik dalam penyelenggaraan Pemilu,” kata Kompol Joko.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Wakapolres Rembang juga menekankan agar Bhabinkamtibmas bersikap netral dan tidak menggiring opini kepada masyarakat untuk memihak salah satu calon.

“ Berdasarkan STR Kapolri Nomor 1181 agar Bhabinkamtibmas tidak melakukan dialog dan tidak masuk kantor parpol atau DPC, rumah pemenangan dan atau posko pemenangan yang ada di wilayahnya, dalam melakukan sambang hanya sifatnya memantau situasi, tidak singgah,” Tutup Kompol Joko Lelono.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama

Related Posts